CANDI-CANDI BERIKUT BISA KAMU TEMUI SAAT KE YOGYAKARTA


Bicara soal Yogyakarta, apa yang ada dalam ingatan teman-teman? Tugu Jogja, Malioboro, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, pantai… atau Prambanan?

Malioboro – Yogyakarta

Banyak sekali tempat wisata yang bisa didatangi saat ke Yogyakarta. Yogyakarta bukan hanya ada wisata budaya, tapi ada pula wisata edukasi maupun wisata sejarah. Kalau suka berbelanja, Malioboro bisa jadi pilihannya. Di daerah Malioboro ini juga banyak kuliner asli Jogja yang bisa kita nikmati. Contohnya saja gudeg dan bakpia. Dan bukan itu saja sih, soal penginapan juga banyak loh hotel di dekat Malioboro. Mulai dari hotel yang murah maupun yang mahal, semua ada.


Baca : Wisata Edukasi di Yogyakarta


Tapi, kali ini aku tidak akan membahas soal Malioboro. Melainkan tentang candi-candi yang bisa teman-teman kunjungi saat ke Yogyakarta.


1. Candi Prambanan
Bicara soal Prambanan, siapa sih yang tidak tahu? Candi yang meninggalkan kisah cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso ini selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi bulan April kemarin, Prambanan ada acara Mandiri Marathon. Wahhh… makin terkenal saja kan Candi Prambanan ini?


Candi Prambanan tak hanya meninggalkan kisah cinta Roro Jonggrang, tapi di Candi Prambanan terkadang juga ada pentas Sendratari Ramayana, atau ada juga Prambanan Jazz.

Candi Prambanan


Kalau aku sih jujur saja, kepengen banget nonton Sendratari Ramayana di bawah bintang-bintang dan ditemani kemegahan Candi Prambanan. Sayangnya sampai sekarang belum kesampaian juga.


Oh ya, soal tiket masuk ke Prambanan yaitu sebesar Rp 40.000,-. Nah, kalau ke Jogja jangan lupa ke Prambanan yah 🙂


2. Candi Plaosan
Candi Plaosan ini terletak di sebelah barat Candi Prambanan. Masih satu arah.


Candi Plaosan ini sebenarnya terlak di Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Akan tetapi, kalau sudah ke Candi Prambanan tapi enggak ke Candi Plaosan kok sayang banget. Paling 20 menit dari Candi Prambanan juga sampai.

Candi Plaosan


Main ke Candi Plaosan ini masih gratis, padahal banyak loh pengunjungnya. Tapi pas aku kemarin ke Candi Plaosan, cuma banyar parkir motor Rp 2.000,- dan mengisi buku tamu saja.


Candi Plaosan ini biasa disebut candi kembar. Karena ada Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Konon katanya nih, bangunan Candi Plaosan ini berbeda loh dengan candi-candi lainnya yang ada di Jogja.


Menurut beberapa ahli sih katanya Candi Ploasan ini memiliki teras yang terlihat halus jika dibandingkan dengan candi-candi lain yang dibangun pada masa yang hampir sama. Hal tersebut kemudian memunculkan anggapan bahwa Candi Plaosan dahulu difungsikan sebagai tempat penyimpanan naskah-naskah kanonik milik para Pendeta Budha. Selain itu, satu yang menarik dari Candi Plaosan adalah bentuk candi yang padat dan eksotik.


3. Candi Ratu Boko
Kalau Candi Ratu Boko ini sih lebih bagus dikunjungi sewaktu sore hari sambil menikmati sunset. Akan tetapi, akses ke Candi Ratu Boko ini berlawanan arah dari Candi Prambanan. Tapi ada kok tiket terusan dari Candi Prambanan terus ke Candi Ratu Boko.


Aku sendiri tertarik bangeg ke Candi Ratu Boko lantaran nonton sinetron Sahabat atau apa yah lupa, yang artisnya Steven William jadi Yuda itu loh, ada Yuki Kato, Cut Meyriska. #kokjadingomonginfilm

Candi Ratu Boko


Sewaktu aku dan suami ke Candi Ratu Boko, kalau itu sehabis lebaran. Tiket masuknya Rp 45.000,- lumayan mahal yah? Aku ke sananya sore, jadi sambil nonton sunset. Dan memang beda yah harga tiket siang dan tiket paket sunset.


4. Candi Ijo
Candi Ijo ini terletak di atas Candi Ratu Boko. Lebih tepatnya setelah Tebing Breksi. Jalan menuju Candi Ijo ini menanjak, jadi Candi Ijo ini terletak di atas bukit.


Baca : Candi di Atas Awan


Udara di Candi Ijo ini sangat sejuk. Aku sih seneng banget. Apalagi pas ke sana masuknya juga masih gratis, bayar parkir doang Rp 2.000,-.


Ke empat candi-candi tersebut bisa teman-teman kunjungi saat ke Yogyakarta. Sebenarnya ada lagi candi lain yang bisa teman-teman kunjungi, seperti : Candi Sewu, Candi Sambisari, Candi Kalasan.


Oh ya, kalau ke Jogja, boleh nginepnya di hotel di dekat Malioboro, tapi jangan lupa mengunjungi salah satu atau semua candi-candi tersebut yah 🙂

Witri Prasetyo AjiHangoutYogyakartaCANDI-CANDI BERIKUT BISA KAMU TEMUI SAAT KE YOGYAKARTA Bicara soal Yogyakarta, apa yang ada dalam ingatan teman-teman? Tugu Jogja, Malioboro, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, pantai… atau Prambanan? Malioboro - Yogyakarta Banyak sekali tempat wisata yang bisa didatangi saat ke Yogyakarta. Yogyakarta bukan hanya ada wisata budaya, tapi ada pula wisata edukasi maupun...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments